Minggu, 17 April 2011

TAMAN REKREASI SENAPUTRA

TAMAN REKREASI KOTA MALANG

Taman berasal dari bahasa ibrani yaitu Gan artinya melindungi lahan yang ada dalam suatu lingkungan bepagar, orden berarti kesenangan. Jadi dapat disimpulakan arti sebuah taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapatkan kesenganan, kegemburaan dan kenyamanan. Kalau kita lihat taman kota berdasarkan rancangannnya dibagi menjadi dua antara lain :

a. Taman alami

Taman alami merupakan taman yang sudah dirancang terkesan alami dan menyatu dengan alam. Taman ini sudah dirancang dan dibentuk sebelumnya dengan penataan tertentu sesuai dengan kondisi lahan yang terdapat di perkotaan misalnya hutan kota.

b. Taman buatan

Taman buatan yang didalamnya banyak elemem manuasia yang fungsinya untuk menyeimbangi kondisi kota dan taman kota tujuannya untuk mengendalikan suhu, panas matahari, pengendali angin, memperbaiki kualitas udara, untuk sarana bermain dan rekreasi.

Kalau berdasarkan aktifitasnya itu dibafi menjai 3 macam yaitu :

a. Taman untuk rekerasi aktif

Taman untuk rekerasi aktif adalah taman yang didalamnya dibangun suatu taman yang fungsinya untuk aktifitas pemakai sehingga dapat memeperolah suatu kesenangan, kesegaran dan lebugaran misalnya taman bermain anak.

b. Taman untuk rekreasi pasif

Taman rekerasi pasif adalah taman yang dibentuk agar dinikmati keindahannya dan kerindangannya tanap ada suatu aktivitas dan kegiatan oleh penggunannya misalnya waduk, hutan buatan jalur hijau.

c. Taman untuk rekreasi aktif dan pasif

Taman untuk rekerasi aktif dan pasif menurut suharto (1999) merupakan taman yang bisa dinikamti keindahan sekaligus ada fungsi lain dan dapat digunakan untuk mengadakan aktivitas misalnya lingkungan. Taman lingkungan atau comuniti park adalah suatu taman yang dibuat dan merupakan bagian dari suatu pemukiman selian rumah ibadah, pasar, sekolah dan lain-lain.

Menurut saya standar taman rekreasi harus memenuhi beberapa elemen taman rekreasi. Ada beberapa elemen taman yang terdiri dari :

a. Material Landscape atau Vegetasi

Yang termasuk dalam elemen lanskap antara lain :

· Pohon merupakan tanaman berkayu berukuran besar dan tegak. Misalnya pohon jati, lamtoro.

· Perdu merupakan jenis tanaman seperti pohon kecail dan batangnya agak tegak dan kurang kokoh contohnya bougenvile, kembang sepatu dsb

· Semak merupakan tanaman kecil yang merambat.

· Rumput merupakan tanaman penghias yang terdapat diatas tanamn misanya rumput gajah, rumput jepang.

b. Material pendukung

· Kolam

Kolam ini biasanya dibangun untuk menambah estetika dan juga menambah kesan kesan dinamis pada tempta tersebut sehingga pengunjung tidak merasakan kebosanan.

· Tebing Buatan

Tebing buatan ini difungsikan memerikan kesan alami pada taman tersebut. Ada beberpa tujuan pengelola taman membuat tebing buata ini ditaman salah satu fungsinya adalah untuk menyembunyikan dinding pemabatas yang licin, agar tidak menyialau pada saat terkena sinar matahari di waktu siang hari.

· Batuan

Batuan ini pada taman biasanya diletakkan terpendam agar terkesan lebih alami dan indah untuk dipandang.

· Gazebo

Gazeboa yang dibangun di taman taman rfekerasi diperuntukkan untuk pengunjung untuk meneduh dan beristirahat sejenak.bahan yang digunakan untuk pembuatan taman tidak perlu mewah yang terpeting memberikan kesan nyaman kepada pengunjung, memberikan kesan keindahan tempat dan bersuasan santai dan akrab.

· Jalan Setapak

Jalan setaoak ini digunaka untuk pejalan kaki di taman yang tujuan agar tidak merusak rumput yang sengaja dipelihara dan merusak tanaman taman.

· Lampu taman

Lampu taman di malam hari memebrikaan kesan urnik digunakan untu suasanna di malam hari sebgai estetika dan penerangan taman di waktu malam hari.

TAMAN REKREASI SENAPUTRA KOTA MALANG

Taman rekerasi senaputra merupakan taman rekrasi kota malang yang terletak di jalan kahuripan. Taman rekreasi senaputra tersebut dikelola oleh yayasan Senaputra. Di dalam taman tersebut tidak hanya taman saja tetapi terdapat taman kanak-kanak, galery seni yang difungsikan dengan tujuan dalam pendidikan taman kanak-kanak. Di dalam taman senaputra tersebut banyak sekali aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung untuk berekrasi. Ada diantaranya malakukan aktivitas renang, bermain di taman beramain berasam anak atau hanya sekedar duduk bersantai dengan keluarga.

Untuk tiket masuk ke taman rekreasi senaputra bertempat di bagi menjadi dua yaitu untuk anak seharga 6000 dan untuk orang dewasa 7000. Dengan harga sebesar masyakat atau pengunjung sudah bisa. Taman rekreasi senaputra di desain untuk taman bermain keluarga. Taman senaputra memilki lahan yang sangat luas terutama untuk arena taman bermain anak anak. Taman rekrasi senaputra ini digolongkan untuk taman rekeasi aktif karena terdapat aktivitas masyrakat/pengunjung didalamnya yang melakukan liburan dan mendapat kesenangan dan kenyamanan.Menurut saya taman rekerasi senaputra sudah memiliki standar taman rekerasi yang bagu karena terdapat elemen elemn di dalamnya anatara lain Material Landscape atau Vegetasi (pohon, perdu,rumput) dan material pendukung (kolam, gazebo, jalan setapak)

Kalau dilihat dari luar sebelum kita masuk taman rekeasi ini terlihat biasa saja akan tetapi setelah masuk akan terasa mangasikkan dan menyenangkan karena didalamnya terdapat fasilitas yang bisa digunakan untuk pengunjung melakukan aktiviats liburannya bersama keluarga. Fasilitas yang ada didalamnya kolam renang, taman bermain anak-anak dan orang tua mereka.

Ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh Yayasan Senaputra merupa panggung pentas. Bianaya panggung pentas ini digunakan untuk penampilan anak-anak TK senaputra seperti bernyanyi dan menari dalam rangka tertentu. Akan tetapi pada waktu tidak ada event tertentu panggung tersebut tidak digunakan dalam aktivitas apapun.

Jalan setapak ini difungsikan utuk para pengunjung untuk jalan dan bertujuan untuk tidak merusak taman taman yang terdapat di sekitar taman bermain Senaputra . jalan setapak ini dibuat teduh agar pengunjung merasa nyaman tidak khwatir terkena sinar matahari yang panas.

Aktifitas pengunjug biasanya ramai di waktu liburan khusunya untuk hari sabtu dan minggy. Akan tetapi di hari hari biasa pengunjung cenderung liebih sepi bila dibandingkan pada liburan. Hal yang paling sering dilakukan pengujung seprti berenang, bermain di taman bermain, foto-foto, bercanda, ngobrol bersama keluarag atau teman-teman.

Taman senaputra disekitar rumah rumah warga dan terpata toko kecil(warung) yang menjaul makanan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar boleh... tapi yang membangun yaaaa